Pengamat Nilai Putusan-putusan Bawaslu Kurang Tegas

Pengamat Nilai Putusan-putusan Bawaslu Kurang Tegas

Agen Poker Online, Bandar Ceme Terpercaya, Domino Qiu Qiu, Agen QQ – Direktur Eksekutif Indonesian Public Institute (IPI), Karyono Wibowo menjelaskan jika Tubuh Pengawas Pemilu (Bawaslu) tampak loyo sebab kurang tegasnya ketetapan yang dikeluarkan sekian waktu akhir-akhir ini.

“Belumlah terlihat ketetapan yang tegas dari Bawaslu berkaitan laporan-laporan yang dilaporkan kedua pihak (Jokowi-KH Ma’ruf serta Prabowo-Sandi). Dari masalah mahar politik partai, masalah ratna sarumpaet, tindakan 212, kepala daerah yang memberi dukungan masing- masing pasangan. Bawaslu malah terlihat loyo,” tutur Karyono, Kamis (9/1/2019).

Karyono menjelaskan bila loyonya Bawaslu dapat karena terdapatnya desakan dari pihak spesifik. Atau bahkan juga dari pihak internal Bawaslu yang membuat loyo dalam membuat ketetapan yang bisa berefek pada penentuan umum 2019. “Iyaa juga bakal memengaruhi kualitas pemilu 2019,” tuturnya.

Baca Juga : Pakai Mobil Mewah, Aksi Perampokan di Alam Sutera Digagalkan Warga

Untuk penyelenggara pemilu yang lain yaitu Komisi Penentuan Umum (KPU), Karyono menyebutkan KPU tengah didera beberapa tuduhan yang membuat seakan tidak berdiri sendiri. Akan tetapi lepas dari tuduhan itu semua, Karyono memandang KPU masih tetap berdiri sendiri.

“Beberapa masalah mulai dari rumor bisa ganda, KTP tercecer, kotak nada dari kardus sampai berita bohong masalah kertas nada telah tercoblos membuat citra KPU seoalah tidak berdiri sendiri. Tetapi di satu bagian, pendapat itu ada yang mengkapitalisasi untuk menggiring seakan berlangsung kecurangan sistemik,” katanya. “Menurut saya KPU masih tetap tunjukkan sikap berdiri sendiri,” katanya.